Sempat memujinya pada awal-awal kemunculannya, tapi menjadi jengkel, kecewa, sakit hati dan sekian rasa yang kurang pantas diucapkan dengan ulah tipu daya smartfren. Kali ini, posting saya lebih cenderung ungkapan atau curhat kekecewaan dari pada sebuah artikel bermutu. Namun tetap saya tampilkan fakta-fakta kekecewaan untuk menghindari dari ungkapan yang terlalu subyektif.
Kejadian Pertama.
4 bulan lalu saya sangat dikagetkan ketika sisa pulsa saya lebih dari 150 ribu hilang begitu saja saat ponakan saya buka jejaring sosial facebook kurang dari 1 jam karena penggunaan di luar paket. Paketnya habis kurang dari 1 jam. Namun sayang waktu itu tidak sempat saya rekam, saya yang salah karena tidak bisa memperlihatkan bukti. Tapi tetap menyebalkan.
Kedua
Bulan kemarin hal serupa terulang lagi, manakala saya diberi pemberitahuan bahwa paket volume based akan berakhir tanggal 8/10/12 yang biasanya diberitahukan sehari sebelumnya yaitu tanggal 07/10/12 dengan sisa quota sekita 500Mb lagi .
Pada jam 10.20 wib 08/10/12 saya mengisi pulsa 100rb dan 50rb, jumlahnya 150rb untuk paket volume base yang 12 GB dengan nilai pulsa 150rb. Di modem tersisa pulsa 5.814 sisa pengisian bulan kemarin sehingga waktu saya cek jam 23.02 jumlah pulsa tersedia adalah 156.814.
Saya pikir masa berakhir paket jam 12 malam, saya manfaatin sisa quota yang 500 MB tersebut buat lihat youtube untuk mencari bahan tulisan kira-kira 20 menitan.
Pembaca Agan dan aganwati bisa klik 2 kali untuk memperbesar gambar supaya terlihat jelas dimana letak PERAMPOKANNYA.
Ketika saya akan meng-aktivasi paket volume based 150rb ternyata pulsa tidak cukup. Pas dicek sisa pulsa tinggal 50.363 saja, berarti saya kehilangan pulsa sebesar 106.451. Saat itu juga langsung komplain ke 08811223344 diberitahu bahwa saya menggunakan pulsa diluar paket selama 23 menit.
Betapa gilanya hanya menggunakan internet selama 23 menit saja sudah kehilangan 100ribu lebih. Saya mengakui tidak tahu aturan harga penggunakan pulsa, tapi apakah seperti itu biadabnya. Hari gini harga pulsa untuk 20 menit saja hingga 100 ribu.
Kejadian Ketiga
Selama sebulan saya tidak menggunakan smartfren dan saya ganti membeli modem Esia Max-D saya gunakan paket super-giga 6 GB dengan kecepatan 3.1 MBps. Untuk sementara sangat memuaskan streaming lancar tanpa buffering, download bisa mencapai kecepatan 2.5 MBps (saya tidak mau memuji dulu - KAPOK, takut kejadian terulang).
Namun karena keponakan pinjam Esia Max-D, maka dengan berat hati saya gunakan lagi Si keong racun. Kali ini saya lebih berhati-hati untuk tidak menyimpan sisa pulsa berapapun. Dalam kondisi kosong 0 pulsa saya coba koneksikan dan ternyata TERKONEKSI namun tidak bisa membuka apapun karena gerak koneksi hanya 0.2 kbps. Lalu saya isi 100ribu, kali ini saya coba paket True Prepaid Unlimited Premium (Kec. 384Kbps/128Kbps) senilai 90 ribu untuk sebulan dengan sms ke 123 dengan data(spasi) unl30 dan berhasil. Biasanya biaya sms cuma Rp.1/sms. Namun iseng-iseng saya cek pulsa via *999# dan sisa pulsanya tinggal 1000yang seharusnya 9.999. Wah ternyata saya dirampok lagi sebesar 8.999perak. TERLALUUU.
Kejadian-Kejadian Lainnya
3 keponakan saya semuanya menggunakan blackbarry smartfren dengan menggunakan paket yang 40 ribu hanya untuk BBM saja, namun mereka sering kali mengeluh kalau sisa pulsanya hilang padahal mereka tidak mengunakan download, upload ataupun streaming.
Dari beberpa kejadian akhirnya, saya melakukan komplein ke 08811223344 atau ke situsnya Smarttfren namun tidak ada tanggapan yang memuaskan alias percuma saja.
Hikmah di balik Kejadian
Saya jadi ingin berbagi kisah menyebalkan agar para penggunakan Smartfren berhati-hati jangan sampai menyimpan sisa pulsa selain untuk mengisi paket. Dan isilah pulsa manakala masa aktif paket sudah benar-benar berakhir.
Saya jadi bersuudzon, bayangkan smartfren merampok para costumers-nya dan saya yakin bukan hanya saya tapi ratusan ribu konsumen dirampok seperti ini, hanya untuk memperoleh keuntungan besar di luar keseharusanya. Selain perampokan smartfren melakukan pembodohan terhadap masyarakat. Suatu saat smartfren akan ditinggalkan oleh pelanggannya. Niscaya seperti kejadian dulu akan terulang kembali alias bangkrut. (Dulu, terjadi penggabungan 2 provider Smart dan Mobil8 atau Fren menjadi Smartfren karena ditinggalkan para pelangganya akibat ketidakjujuran).
Semoga saja smarfren cepat menginsafi dan melakukan pembenahan sebelum terlambat.
Kejadian Pertama.
4 bulan lalu saya sangat dikagetkan ketika sisa pulsa saya lebih dari 150 ribu hilang begitu saja saat ponakan saya buka jejaring sosial facebook kurang dari 1 jam karena penggunaan di luar paket. Paketnya habis kurang dari 1 jam. Namun sayang waktu itu tidak sempat saya rekam, saya yang salah karena tidak bisa memperlihatkan bukti. Tapi tetap menyebalkan.
Kedua
Bulan kemarin hal serupa terulang lagi, manakala saya diberi pemberitahuan bahwa paket volume based akan berakhir tanggal 8/10/12 yang biasanya diberitahukan sehari sebelumnya yaitu tanggal 07/10/12 dengan sisa quota sekita 500Mb lagi .
Pada jam 10.20 wib 08/10/12 saya mengisi pulsa 100rb dan 50rb, jumlahnya 150rb untuk paket volume base yang 12 GB dengan nilai pulsa 150rb. Di modem tersisa pulsa 5.814 sisa pengisian bulan kemarin sehingga waktu saya cek jam 23.02 jumlah pulsa tersedia adalah 156.814.
Saya pikir masa berakhir paket jam 12 malam, saya manfaatin sisa quota yang 500 MB tersebut buat lihat youtube untuk mencari bahan tulisan kira-kira 20 menitan.
Pembaca Agan dan aganwati bisa klik 2 kali untuk memperbesar gambar supaya terlihat jelas dimana letak PERAMPOKANNYA.
Gbr 1. Pulsa dirampok 106.451 perak unuk 23 menit |
gbr 2. gambar aslinya sebelum pake tanda merah dan biru |
Betapa gilanya hanya menggunakan internet selama 23 menit saja sudah kehilangan 100ribu lebih. Saya mengakui tidak tahu aturan harga penggunakan pulsa, tapi apakah seperti itu biadabnya. Hari gini harga pulsa untuk 20 menit saja hingga 100 ribu.
Kejadian Ketiga
Selama sebulan saya tidak menggunakan smartfren dan saya ganti membeli modem Esia Max-D saya gunakan paket super-giga 6 GB dengan kecepatan 3.1 MBps. Untuk sementara sangat memuaskan streaming lancar tanpa buffering, download bisa mencapai kecepatan 2.5 MBps (saya tidak mau memuji dulu - KAPOK, takut kejadian terulang).
Namun karena keponakan pinjam Esia Max-D, maka dengan berat hati saya gunakan lagi Si keong racun. Kali ini saya lebih berhati-hati untuk tidak menyimpan sisa pulsa berapapun. Dalam kondisi kosong 0 pulsa saya coba koneksikan dan ternyata TERKONEKSI namun tidak bisa membuka apapun karena gerak koneksi hanya 0.2 kbps. Lalu saya isi 100ribu, kali ini saya coba paket True Prepaid Unlimited Premium (Kec. 384Kbps/128Kbps) senilai 90 ribu untuk sebulan dengan sms ke 123 dengan data(spasi) unl30 dan berhasil. Biasanya biaya sms cuma Rp.1/sms. Namun iseng-iseng saya cek pulsa via *999# dan sisa pulsanya tinggal 1000yang seharusnya 9.999. Wah ternyata saya dirampok lagi sebesar 8.999perak. TERLALUUU.
gbr 3. Dirampok 8.999 perak hanya untuk koneksi yang gagal |
3 keponakan saya semuanya menggunakan blackbarry smartfren dengan menggunakan paket yang 40 ribu hanya untuk BBM saja, namun mereka sering kali mengeluh kalau sisa pulsanya hilang padahal mereka tidak mengunakan download, upload ataupun streaming.
Dari beberpa kejadian akhirnya, saya melakukan komplein ke 08811223344 atau ke situsnya Smarttfren namun tidak ada tanggapan yang memuaskan alias percuma saja.
Hikmah di balik Kejadian
Saya jadi ingin berbagi kisah menyebalkan agar para penggunakan Smartfren berhati-hati jangan sampai menyimpan sisa pulsa selain untuk mengisi paket. Dan isilah pulsa manakala masa aktif paket sudah benar-benar berakhir.
Saya jadi bersuudzon, bayangkan smartfren merampok para costumers-nya dan saya yakin bukan hanya saya tapi ratusan ribu konsumen dirampok seperti ini, hanya untuk memperoleh keuntungan besar di luar keseharusanya. Selain perampokan smartfren melakukan pembodohan terhadap masyarakat. Suatu saat smartfren akan ditinggalkan oleh pelanggannya. Niscaya seperti kejadian dulu akan terulang kembali alias bangkrut. (Dulu, terjadi penggabungan 2 provider Smart dan Mobil8 atau Fren menjadi Smartfren karena ditinggalkan para pelangganya akibat ketidakjujuran).
Semoga saja smarfren cepat menginsafi dan melakukan pembenahan sebelum terlambat.
Dasar Rampok... mau diaPAIN ...
BalasHapusemberrrr
HapusKejadian keponakan anda sama persis dengan saya, pada tanggal 2 Februari 2013 saya isi pulsa Rp. 50.000 sisa pulsa saya menjadi Rp. 52054, dan pada tanggal 3 Februari saya cek pulsa menjadi Rp. 42054 dan saya sedikit kaget kenapa berkurang? awalnya sih positif mungkin karena paket BB saya habis dan mungkin secara auto terdaftar paket harian, akan tetapi begitu saya cek di situsnya ternyata tidak ada paket yang sampe Rp. 10000 + PPN dan saya abaikan, dan ke esokan harinya pada pukul 14:40 saya coba cek ulang sisa pulsa saya dan berkurang menjadi Rp. 42049 berkurang Rp. 5 dan saya abaikan pada pukul 15:28 saya cek ulang sisa pulsa saya berkurang menjadi Rp. 41549 selama 48 menit pulsa saya sudah menghilang 500, karena paket bb saya mau habis saya coba di isi ulang untuk paket sosial saya isi Rp. 25.000 dan sisa pulsa saya menjadi Rp.66549 saya langsung menon aktifkan paket yang sedang berjalan dan mendaftarkan ulang paket sosial sisa menjadi Rp.21783, dan pada tanggal 16 Februari pukul 14:48 saya mendapat sms dari 999 yang isinya "Sisa Pulsa Anda Rp. 1969" saya kaget kenapa bisa tinggal segitu padahal saya tidak menggunakan HP untuk telepon maupun sms, saya coba telepon CS ke 888 dan jawabannya dikarenakan ada pemakaian telepon internasional, dikarenakan settingan dari BBnya saya coba untuk melihat settingan saya dengan apa yang CS bilang dan tidak ada masalah semua sama dan saya di suruh 2X24 jam, berapa jam saya coba telepon ulang CS dan bilang tunggu 3X24 jam, jadi bingung yang pertama suruh tunggu 2X24 jam yang kedua nyuruh tunggu 3X24 jam dan CS bilang nanti akan ada konfirmasi, dan saya mempertanyakan jika tidak ada konfirmasi dari Smartfren dalam 3X24 jam gimana? CS menjawab pasti nanti akan di konfirmasi, dan saya bilang ke CS jika dalam 3X24 jam saya tidak ada konfirmasi maka saya wajib ya melaporkan Smartfren ke YLKI, dan operator menjawab ya saya tambahkan laporannya pak jika tidak ada konfirmasi bapak akan melaporkannya ke YLKI. saya hanya bertanya ke pihak CS jika tidak ada konfirmasi dari pihak smart bagaimana bukannya menambhkan laporannya!
BalasHapusKejadian keponakan anda sama persis dengan saya, pada tanggal 2 Februari 2013 saya isi pulsa Rp. 50.000 sisa pulsa saya menjadi Rp. 52054, dan pada tanggal 3 Februari saya cek pulsa menjadi Rp. 42054 dan saya sedikit kaget kenapa berkurang? awalnya sih positif mungkin karena paket BB saya habis dan mungkin secara auto terdaftar paket harian, akan tetapi begitu saya cek di situsnya ternyata tidak ada paket yang sampe Rp. 10000 + PPN dan saya abaikan, dan ke esokan harinya pada pukul 14:40 saya coba cek ulang sisa pulsa saya dan berkurang menjadi Rp. 42049 berkurang Rp. 5 dan saya abaikan pada pukul 15:28 saya cek ulang sisa pulsa saya berkurang menjadi Rp. 41549 selama 48 menit pulsa saya sudah menghilang 500, karena paket bb saya mau habis saya coba di isi ulang untuk paket sosial saya isi Rp. 25.000 dan sisa pulsa saya menjadi Rp.66549 saya langsung menon aktifkan paket yang sedang berjalan dan mendaftarkan ulang paket sosial sisa menjadi Rp.21783, dan pada tanggal 16 Februari pukul 14:48 saya mendapat sms dari 999 yang isinya "Sisa Pulsa Anda Rp. 1969" saya kaget kenapa bisa tinggal segitu padahal saya tidak menggunakan HP untuk telepon maupun sms, saya coba telepon CS ke 888 dan jawabannya dikarenakan ada pemakaian telepon internasional, dikarenakan settingan dari BBnya saya coba untuk melihat settingan saya dengan apa yang CS bilang dan tidak ada masalah semua sama dan saya di suruh 2X24 jam, berapa jam saya coba telepon ulang CS dan bilang tunggu 3X24 jam, jadi bingung yang pertama suruh tunggu 2X24 jam yang kedua nyuruh tunggu 3X24 jam dan CS bilang nanti akan ada konfirmasi, dan saya mempertanyakan jika tidak ada konfirmasi dari Smartfren dalam 3X24 jam gimana? CS menjawab pasti nanti akan di konfirmasi, dan saya bilang ke CS jika dalam 3X24 jam saya tidak ada konfirmasi maka saya wajib ya melaporkan Smartfren ke YLKI, dan operator menjawab ya saya tambahkan laporannya pak jika tidak ada konfirmasi bapak akan melaporkannya ke YLKI. saya hanya bertanya ke pihak CS jika tidak ada konfirmasi dari pihak smart bagaimana bukannya menambhkan laporannya!
BalasHapusKejadian keponakan anda sama persis dengan saya, pada tanggal 2 Februari 2013 saya isi pulsa Rp. 50.000 sisa pulsa saya menjadi Rp. 52054, dan pada tanggal 3 Februari saya cek pulsa menjadi Rp. 42054 dan saya sedikit kaget kenapa berkurang? awalnya sih positif mungkin karena paket BB saya habis dan mungkin secara auto terdaftar paket harian, akan tetapi begitu saya cek di situsnya ternyata tidak ada paket yang sampe Rp. 10000 + PPN dan saya abaikan, dan ke esokan harinya pada pukul 14:40 saya coba cek ulang sisa pulsa saya dan berkurang menjadi Rp. 42049 berkurang Rp. 5 dan saya abaikan pada pukul 15:28 saya cek ulang sisa pulsa saya berkurang menjadi Rp. 41549 selama 48 menit pulsa saya sudah menghilang 500, karena paket bb saya mau habis saya coba di isi ulang untuk paket sosial saya isi Rp. 25.000 dan sisa pulsa saya menjadi Rp.66549 saya langsung menon aktifkan paket yang sedang berjalan dan mendaftarkan ulang paket sosial sisa menjadi Rp.21783, dan pada tanggal 16 Februari pukul 14:48 saya mendapat sms dari 999 yang isinya "Sisa Pulsa Anda Rp. 1969" saya kaget kenapa bisa tinggal segitu padahal saya tidak menggunakan HP untuk telepon maupun sms, saya coba telepon CS ke 888 dan jawabannya dikarenakan ada pemakaian telepon internasional, dikarenakan settingan dari BBnya saya coba untuk melihat settingan saya dengan apa yang CS bilang dan tidak ada masalah semua sama dan saya di suruh 2X24 jam, berapa jam saya coba telepon ulang CS dan bilang tunggu 3X24 jam, jadi bingung yang pertama suruh tunggu 2X24 jam yang kedua nyuruh tunggu 3X24 jam dan CS bilang nanti akan ada konfirmasi, dan saya mempertanyakan jika tidak ada konfirmasi dari Smartfren dalam 3X24 jam gimana? CS menjawab pasti nanti akan di konfirmasi, dan saya bilang ke CS jika dalam 3X24 jam saya tidak ada konfirmasi maka saya wajib ya melaporkan Smartfren ke YLKI, dan operator menjawab ya saya tambahkan laporannya pak jika tidak ada konfirmasi bapak akan melaporkannya ke YLKI. saya hanya bertanya ke pihak CS jika tidak ada konfirmasi dari pihak smart bagaimana bukannya menambhkan laporannya!
BalasHapussenasib dan masih berlangsung penganiyaan smartfren hingga kini....
HapusBegitulah !!!!!
BalasHapusSy juga kerampokan nih. Sepertinya saya mau berhenti pake smartfren saja lah. Daripada suudzon terus.
BalasHapusabis isi pulsa smartfren 50rb kmren, buat modem, pas di cek, udah masuk pulsanya. pas mau dipake, mendadak pulsa jadi 0 rupiah, .
BalasHapusabis itu tadi isi lagi pulsa smartfren 50rb, pas dicek udah masuk tu pulsanya, pas mau buka google, langsung ga bisa, ternyata pulsanya 0 rupiah lagi.
lah trus pulsanya kemana dong?