Minggu, 04 Desember 2011

SMABOY.COM - Jejaring Sosial Buatan Anak Bangsa

Setelah saya posting 11 jejaring sosial made in asli anak bangsa, saya akan coba menelusuri salah satunya. www.smaboy.com adalah situs jejaring sosial baru dimana terdapat fitur-fitur yang tak kalah menarik dari facebook. Dengan bertemakan green, situs ini dari segi layout tampak menarik, dan juga fresh.


Banyak keunggulan smaboy dibanding Facebook disamping kekurangannya yang harus segera dibenahi.

Menurut salah satu alumni bahwa smaboy diambil dari nama sekolahan, singkatan dari SMAN 1 BOYOLANGU, letaknya di tulungagung jatim. Jejaring sosial ini muncul dibuat oleh orang SMABOY gitu. makanya dinamakan dengan smaboy.. saya salah satu alumni sekolah smaboy. (update dari comment di bawah). Mungkin ini juga salah satu alasan kenapa orang tidak begitu tertarik untuk sign up ke smaboy.

Untuk pengguna jejaring sosial, smaboy cukup memenuhi harapan dari para penggunanya. Tapi terus terang saya belum menggali benar fitur-fitur yang terdapat di dalamnya.

Jika masuk ke area smaboy, tentunya melalui sign up dan log in sama seperti pada facebook, kita akan merasakan masuk ke area facebook pada awal-awal hadir di indonesia  pertengahan tahun 2009, sebelum fitur facebook banyak dipangkas atau disubah seperti sekarang ini.
 
Saya akan sampaikan beberapa kelebihan smaboy dibanding facebook:.
  • Smaboy, dalam pertemanan lebih mirip dengan twitter.
  • untuk membuat status/update status, font bisa diubah melalui pilihan bold, underline, strikethrought, insert quote, insert code, smiley / icon emosi - mirip dengan KasKus.
  • template atau background bisa diubah-ubah sesuai selera menjadi lebih beraneka lebih berwarna - mirip twitter atau blog.
  • smaboy menyediakan thread untuk membuat forum lebih mudah di sebelah kiri.
  • Setelah saya ukur berat dan kecepatan loading melalui iwebtool.com,  smaboy cukup ringan, saya bandingkan dengan 7 jejaring yang cukup kita kenal. lihat gambar dibawah ini dan klik untuk memperbesa gambarnya.
perbanding berat dan kecepatan loading

Namun tentunya akan sangat tidak adil kalau kita menuntut persis seperti facebook, kenapa? coba bayangkan pendapatan facebook terhitung November 2010, menurut SecondMarket Inc., nilai Facebook mencapai $41 milyar x Rp. 9.125 = 37,4  Trilliun = gilaaa benerr (wikipedia) dengan membersnya mencapai 600juta pengguna per januari 2011, total aktif tiap harinya mencapai 168 juta akun = gilaaa benerrr lagi. Dengan dukungan aplikasi lebih dari 53 ribu aplikasi.

Tapi paling tidak smaboy dapat memenuhi harapan para pengguna jejaring. Dan akan lebih oke lagi apabila aplikasi game telah masuk, sebagai contoh, aplikasi ZyngaPoker pada Facebook yang me-likes-nya per des 2011 lebih dari 53 juta gamers...... oooo keselek ni tenggorokan.

Anda mulai bosan dengan facebook? Cobalah untuk membuat akun di www.smaboy.com dan rasakan bedanya. Lengkap dengan fitur-fitur menarik. Anda akan betah berlama-lama di depan komputer/laptop untuk membuka smaboy

Kita bayangkan lagi...??? anak bangsa mencoba berinovasi dengan memadukan beberapa unsur yang ada di jejaring sosial tentunya dengan dukungan fasilitas, dana dan peran pemerintah yang sangat terbatas.

Mari kita menghargai, mencintai, mengembangkan dan bangga akan produk dalam negeri.

note:
  • Saya mohon maaf karena, sekali lagi, saya belum begitu meng-eksplorasi daleman smaboy lebih detail dan rinci. Sehingga saya mohon bantuan dari para blogger dan pembaca untuk menambahkan dan mengkritisi tulisan tentang smaboy ini.
  • Saya juga, maaf, saya tidak tahu siapa admin dari smaboy ini. kebetulan belum kenalan.....Namun saya ucapakan: Selamat Bung, Maju terus dan tingkatkan daya kreasi serta sosialisasi anda kepada bangsa kita yang mulai gemar berlama-lama di dunia maya.
Saya sertakan sampel smaboy: (klik unyuk melihat lebih jelas)


  UPDATE:

kritik dan saran buat smaboy:
  • untuk icon smiley-nya terlalu besar-besar seperti kaskus.us, membuat pandangan dan kenyamanan terganggu. sebaiknya kecil-kecil aja atau seimbangkan dengan besaran fonts
  • ada baiknya kalau follower dan following ditiadakan. Hal ini untuk meningkatkan privasi setiap individu di smaboy; sehingga orang akan berupaya menjadi - pertemanan - tidak mencuri info.Dan akan meningkatkan silaturahmi, audiens menjadi tidak bias....
  • Lumayan suatu kemajuan untuk sebuah jejaring sosial lokal membernya sudah mencapai 69492 member (saat update 6 Feb 2012)

Baca juga,
kelebihan dan kelemahan Smaboy versi saya, biar kita bisa menentukan dan mengkritisi jejaring lokal yang mulai merangkak maju dan Smaboy termasuk 11 Jejaring Sosial Indonesia. Juaga Smaboy bisa upload musik mp3, dan kode htmlnya cocok untuk widget pada blog - autoplay dan berulang. Selamat berjuang Smaboy

18 comments:

  1. smaboy diambil dari nama sekolah an,, singkatan dari SMAN 1 BOYOLANGU, letaknya di tulungagung jatim. jejaring sosial ini muncul dibuat oleh orang SMABOY gitu,, makanya dinamakan dengan smaboy.. saya salah satu alumni sekolah smaboy..

    BalasHapus
  2. Terimakasih tambahan infonya, akan saya tambahkan. Namun sayang Agan manggunakan anonim sehingga saya tidak bisa dengan source anonim...hehehe, Tapi saya akan search ke SMAN Boyolangu.....

    BalasHapus
  3. coba test web saya , mana yang lebih ringan lagi , dan mohon komentar nya agar saya dapat lebih merancang lagi

    domain :

    cinfriend.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ringan. sangat ringan dibanding dg smaboy, kaskus, twitter. Cinfriend hanya 22.89 KB load timenya 1.41 det avarege speed/kbnya malah paling ringan hanya 0.06, kl FB 1.12 det
      sangat bagus. 2 jempol untuk jejaring Agan.

      SAYANG mana promosi-nya????
      di http://aaboyeh.blogspot.com/ milik agan sendiri aja tidak dikenalkan. gimana ini????

      Insyaalah saya akan berkunjung dan akan coba posting mengenai CINFRIEND ini.

      Hapus
  4. tapi sayang desain user interface-nya terlalu facebook banget.. jadi berlebihan kalo disebut sebagai "karya anak bangsa.." apalagi kalo sampe disebut "lebih baik dari facebook".. darimananya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimaksih komentarnya. Untuk sekualias SMA yg membuatnya/admin adalah sebuah kemajuan. Dan sy sudah jelaskan, smaboy dengan segala keterbatasan akan tdk adil jk kita mensejajarkan dgn kualitas FB yg sudah no. wahid di dunia dgn 600jt membersnya.
      Terpenting adl adanya kemauan utk memfasilitasi komunikasi via jejaring sosial buatan sendiri.

      Ada baiknya kl kita menghargai dan bangga dgn apa yg bangsa ini perbuat, dan kita tidak terlalu luar negeri minded yg berujung pada konsumtif tinggi dl sgl hal tentunya.

      Saya tidak menyebut bhw Smaboy lebih baik dr pd FB cuma ada bbrp kelebihan disamping kekurangannya.

      Klpun saya sedikit melebihkan smaboy itu tersirat unsur promosi (wajar kan...)
      Klpun smaboy interfacenya FB banget, tdklah salah krn msyrkt sudah kadung familiar dgn FB sbg upaya (sy kira) lbh memudahkan mengenali Smaboy....

      sbg catatan: sy tdk mengenal siapa pembuat smaboy, sy hanya melihat sebuah keinginan anak bangsa yg perlu kt dukung tnp hrs kita nyinyir..... drpd kita tdk prnh berbuat..... Ok.....

      Hapus
  5. cara nya buat tampilan musik di wall smaboy gimana ya?? yang macem di blog itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah saja tinggal klik beranda (dashboard).
      Lihat sebelah kitri ada icon-icon polihan seperti mymusic, myvideos, mygroups dll.
      klik saja mymusic, akan muncul + upload music
      nah... tinggal upload saja lagu kesayanganya... akan muncul deh... silahkan dicoba

      Hapus
    2. update: ohhh tenyata tiu untuk di thread musik bukan di wall.
      kalau untuk di wall:
      1. Kan kita sudah upload di mymusic tuh.... klik lagunya maka akan tampil/muncul 'code widget' lalu copy kode html-nya
      2. lalu kita buka account settings di account maka akan ada 'Aboutme/Media' pastekan kode tadi di kotak Text atau code widget
      3. ajukan / save... coba deh buka profile..... InsyaAllah muncul.

      Hapus
    3. Ohh, mkasih banyak ya atas infonya.. :D

      Hapus
  6. kenpa saat isi usernamenya gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smaboy sebelum kena hack, featurenya cukup bagus hanya loadingnya cukup lama akibat beban gadget yang beranekaagam.

      Namun beberapa bulan yang lalu kena hack oleh orang yang menggunakan IP brazil (kalau tidak salah), smaboy jadi ancur-ancuran semua data hilang dan untuk beberapa saat terblokir.

      Sayapun sudah agak lama ga buka smaboy, abis jadi kurang gairah, musik, foto-foto dan beberapa feature ludes digondol hacker...hehehehe

      Begitu setahu saya Gan Ezha. Semoga aja ke depan sang admin segera menyempurnakannya baik dari segi fasilitas ataupun pengamanannya.

      Hapus
  7. saya pengguna bru di SMABOY, aku mnyukai fitur2nya.. mantap deh!,
    pesan saya mngking tmpilam berandanya di bedakan dikit dngan facebook gtu, n juga namanya supaya lebih menarik.

    http://www.smaboy.com/index.php?p=u/fandiplc

    BalasHapus
  8. saya juga pengguna smaboy, tapi udah lama gak terpakai dan ingin aku hapus. Nah, cara hapus akun smaboy kita bagaimana ya?

    BalasHapus