Minggu, 19 Februari 2012

Smaboy - Jejaring Sosial Indonesia: Kelemahan dan Kelebihannya

Apa dan bagaimana itu Smaboy? saya pernah membahas "SMABOY.COM - Jejaring Sosial Buatan Anak Bangsa" beberapa waktu yang lalu sekalipun belum merepresentasikan sepenuhnya.
Sekarang saya akan mencoba membedahkan apa kelebihan dan kelemahan smaboy, setelah masuk menjadi membernya.
sebagai catatan, saya bukan bagian dari menajemennya sehingga saya bebas mempresepsikan apa yang saya tahu dan saya bebas dari fested interest.

Smaboy sebagai jejaring indonesia yang masih pemula didunia social networking berumur 1 tahun berdiri pada 15 Februari 2011 admin bernama Kalingga Murti Wijaya (saya kebetulan tidak kenal) hanya menduganya kalau dia adalah adminnya. Itu tahu saat saya regiristrasi pertama kali tanggal 19 April 2011, eh tahunya dia sudah pertemanan secara otomatis dan pertemanan-nyapun sudah sekitar 60.664 orang mendekati member smaboy sendiri 71.668 orang (per 19 Februari 2012). Itu menguatkan saya mengira  Kalingga  itu sebagai adminnya.

Saya tahu smaboy waktu searching bahan tulisan sekitar jejaring sosial, saat itulah perkenalan dengan smaboy terjadi.

Baik. akan kita coba untuk melihat kelebihan dan kekurangan Smaboy. yang menjadi ukurannya adalah Facebook, karena Facebook kadung menjadi trendsetter jejaring sosial.  tapi tentunya tidak secara secara lagsung, karena jelas bukan bandingannya.

Kelebihan smaboy:

  • Tampilanyang bisa dirubah-rubah sesukanya member, mirip kita mau merubah penampilan  blog.
  • Tampilannya mirip dengan Facebook di tahun-tahun pertama. saya anggap kelebihan sekalipun mengekor karena tampilan tersebut sangat familiar dengan  kita. Facebook pun pada awalnya mengekor pada jejaring yg lainnya seperti frendster, myspace dll, bukan murni hasil ciptaanya tapi juga contek sana sini.
  • Menampilkan pernak pernik sidebar sebelah kiri, mulai dari: 
  • (comunity statistics) jumlah anggota jumlah akumulasi pertemanan;
  • daftar teman yang ulang tahun dalam sebulan;
  • ada follower, ada following;
  • ada juga menu yang berisikan : my albums, my music, my blogs, my videos, my groups, my pages
  • pada bagia atas di profile, selain seperti di Facebook, dicantumkan juga   waktu terdaftar jadi anggota, terakhir kita masuk
  • Menampilkan pernak pernik sidebar sebelah kanan, mulai dari: kita bisa bisa memasukkan code/widget kedalam input About Me, Seperti video, musik, gambar, animasi dll. Code berupa object, embed code atau img yang tapil seperti pada blog. Feature ini sudah tidak ada lagi di Facebook.
  • Wall status pun ditambahkan terasa lebih menarik dan bisa mengepresika perasaan melalui icon-icon smiley

Kelemahan smaboy:

  • Aplikasi Games dan aplikasi yang lainnya masih terbatas, mungkin karena para penyedia aplikasi belum berminat untuk bergabung, lain halnya dengan Facebook yg didukung lebih dari 50.000 penyedia aplikasi.
  • Pengamanan Akun yang masih rendah
  • Ukuran beberapa smiley terlalu gede sangat menggangu fokus pada ukuran fonts/ tulisan, tidak rata semua smiley. seharusnya ukurannya disamakan.  Terlalu kaskus's smiley 
  • kalau klik nama yg me "like/suka" dari wall kita tdk langsung ke orang tersebut malah ke beranda
  • Waktu masuk terasa lebih berat dan lama mungkin 
  • Kalau kita sudah login lalu bebrapa lama dibiarkan, maka suka terjadi logout otomatis. kita harus melakukan login ulang
  • Adanya Follower dan Following selalin teman, selain menjadi kelebihan smaboy juga saya anggap  sebagai berlebihan karena mungkin manfaatnya yang kurang.

Sementara, saya pikir cukup dulu. otaknya keburu lemot karena ingin segera login ke smaboy dan facebook.
Tentunya kritikan dan pujian ini  belum final dan tidak mutlak karena keterbatasan saya mengenai daleman smaboy.

Barangkali ada yang mau menambahkan???

0 comments:

Posting Komentar