Senin, 21 Maret 2011

Cara Mengetahui Seberapa Berat Blogmu


Dalam membuat blog tentunya kita ingin supaya blog kita tampil semenarik mungkin, ya kan? Tapi karena saking semangatnya kita dalam mempercantik blog, kadang masalah berat (size) dan kecepatan (speed) berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka blog kita.

Walaupun blog kita bagus tapi kalo blog kita lama banget dibukanya maka pengunjung jadi malas untuk membuka page kita yang lain. Blog mu jadi miskin pengunjung gara-gara loading membukanya lama.

Nah di bawah ini ada alat untuk mengukur berapa besar ukuran (size) blog dan seberapa cepat loadingnya... Untuk menggunakan alat dibawah ini kamu tinggal memasukkan alamat blog yang ingin di cek. Kemudian hasilnya akan langsung keluar. Hasil yang ditampilkan yaitu: Size, Load Time dan Avarege Speed per KB. Yang perlu diperhatikan adalah "Size", karena "Load Time" dan "Avarege Speed per KB" hasilnya akan selalu berubah-ubah. Jika hasil tes menunjukkan blogmu size-nya lebih dari 100 KB, usahakan untuk menguranginya dengan cara mengurangi pernak-pernik yang kurang begitu berguna seperti jam, kalender, dll. Dengan alat ini km juga bisa membandingkan dengan web/blog kepunyaan orang lain.

Tentunya juga untuk mempercepat loading blog, thus diperhatikan size gambar. Nah untuk mengurangi size gambar tanpa mengurangi kualitas gambar, bisa klik yang ini.

Sedangkan Untuk mengetahui seberapa cepat loading blog anda, dapat menggunakan fitur yaitu Stopwatch. Dengan menggunakan layanan ini, anda dapat mengetahui seberapa cepat loading blog anda.

Berat size blog saya hanya 104,55 KB, masih berat ya??
Kecepatan loading blog saya hanya 11,116 detik *)

Tapi terus terang saya belum melakukan semua ini, alias blog saya masih terlalu berat size-nya, loadingnya lama dan gambarnya masih tersimpan di file blog, kenapa? karena masih terfokus dengan memperhatikan PENAMPILAN....hehehehe

update: *) saya jadi mikir dengan blog saya yang berat tetapi kecepatan loading 11,11 det dengan berat 104,55 Kb, apakah ini real atau karena internet di rumah saya memilki kecepatan upstream + 2400 mbps atau 2 Mbps....hahaha. au ah gelap.

Nah sekarang, berapakah berat size dan kecepatan blog anda?

Untuk menguji kecepatan loading website anda, silahkan ketik alamat url blog anda, teman atau siapa saja ke dalam kotak di bawah ini, maksimal 10 alamat. Selamat mencoba.






Lihat hasil test-nya di bawah ini




www.iwebtool.com

4 comments:

  1. udh dicoba .. 122.82 KB
    tp url sy ada 2 blog .. gimana tuh, keberatan apa normal?

    BalasHapus
  2. Ooo...kan batas berat max harus 100kb (standar baku)
    terus kalau ada 2 url, ya co-pas keduanya pada kotak pengukur, nanti baka keliatan deh belangnya... maaf joke.
    Makasih komennya Om eh Pak... abis keliatan muda tapi ngga tau juga tuh.
    Makasih juga url saya udah ditempelin di sidebar Pak Ivan....

    BalasHapus