Kamis, 06 September 2012

Penyebab Laptop Cepat Panas

Laptop sangat membantu dalam banyak hal bagi kita. Tak jauh berbeda dengan komputer dekstop atau PC, laptop sering digunakan lebih lama karna memiliki bentuk yang simpel dan mudah dibawa kemana-mana baik untuk ke kantor atau kuliah.

Namun, pernahkan laptop anda mengalami kenaikan suhu yang tidak normal atau over heating? Bila sudah begitu saat menggunakan laptop menjadi tidak nyaman. Ada beberapa faktor penyebab laptop bisa panas.

1. Lubang ventilasi tersumbat
Pada laptop pasti terdapat ventilasi untuk jalur keluarnya suhu panas dari dalam laptop, bila lubang ventilasi itu tertutup oleh debu atau kotoran akibatnya panas yang seharusnya bisa keluar menjadi tertahan di dalam laptop. Dampak buruknya bila dibiarkan seperti itu bisa memicu komponen lain dalam laptop bisa cepat rusak.

2. Suhu Ruangan
Meski sepele hal ini juga bebpengaruh terhadap suhu laptop anda juga. Bila anda menggunakan laptop di tempat yang panas bisa memicu suhu laptop untuk ikut naik.

3. Kipas pendingin laptop bermasalah
Nah ini juga perlu diperhatikan, kipas pendingin yang terpasang didalam laptop fungsinya sangat fital. Kipas itu berfungsi mendinginkan beberapa komponen didalam laptop, bila kipas pendingin bermasalah pastinya suhu laptop akan menjadi panas.

4. Over power
Bila setting power di laptop diset untuk kinerja yang maksimum, laptop bisa mengalami over power.

5. Penggunaan laptop tanpa henti
Memang laptop juga sudah di dibuat untuk tahan digunakan meski tanpa henti, namun mengingat laptop juga merupakan barang elektronik pasti juga ambang batas maksimal penggunaan. Bila laptop digunakan secara menerus maka suhu laptop pastinya akan semakin panas.

Untuk mengatasi penggunaan yang lama ada baiknya anda menggunakan pendingin tambahan dibawah laptop. Namun gunakan adaptor sendiri untuk suplai listriknya agar baterai pada laptop lebih awet. Ada juga jangan gunakan pelindung keyboard, karena pelindung keyboard malah menutup ventilasi yang ada di tiap tombol keyboard. Alhasil suhu laptop juga tidak bisa keluar dan laptop cepat panas.

situsblog.com

2 comments:

  1. Nice share kawan..
    ditunggu post selanjutnya..
    salam blog..

    BalasHapus
  2. Salam Blog Gan Juliarta.
    Makasih supportnya. maaf saat ini aga kedodoran dgn pekerjaan rutn....insyaAllah kedepannya.

    BalasHapus