Jumat, 30 Maret 2012

Internetan Tetap Lancar Saat Smartfren Gangguan (Maintenance)


Akhir-akhir ini sering sekali Smartfren mengalami ganggauan atau lagi maintenance. Hal ini menyebabkan terganggunya aktifitas berinternet kita, apalagi jika anda pengguna Smartfren yang hanya mengandalkan satu ISP saja, sehingga terpaksa  harus menghentikan aktifitas internet.

Seperti biasa, saat Smartfren lagi gangguan atau maintenance ini yang sering terjadi, yaitu tidak bisa akses (buka) situs-situs luar seperti Facebook, Twitter, Google, pokoknya situs luar lah. Sedangkan situs lokal seperti Kaskus, Indowebster, Idblognetwork, dan situs lain yang dihosting lokal masih lancar saja walau akses ke situs tersebut sangat lemot. Sudah mencoba menggunakan beberapa DNS tapi tetap tidak ada hasil sama sekali.

Sebenarnya salah jika mengganti DNS. Jadi ketika Smartfren lagi gangguan atau maintenance seharusnya tidak usah menggunakan DNS manapun apalagi DNS Google, yang ada malah internet anda tidak bisa konek sama sekali.

Yang harus kita lakukan dalam situasi seperti ini adalah mengganti proxy browser. DNS biarkan saja default atau jangan menggunakan DNS sama sekali. Yang perlu diubah hanya pada proxy browser anda.

Berikut ini adalah proxy nya.
 Proxy: 124.81.113.181 
 Port: 8080

Sudah tahu cara memasukkan proxy pada browser anda kan? Kalau ada yang belum tahu nih saya kasih contoh saja pada browser Firefox, saya menggunakan Firefox 11, untuk versi lain atau browser lain bisa menyesuaikan saja.

1. Pada kiri atas klik menu Firefox >> Options


2. Pada jendela Options pilih menu Advanced >> Network >> Settings


3. Pilih Manual Proxy Configuration, kemudian isikan HTTP Proxy: 124.81.113.181 dan untuk Port: 8080

4. Centang pada Use this proxy server for all protocols >> klik OK

Setelah ini coba anda browsing seperti biasa, masuk ke Facebook atau Twitter atau situs-situs luar favorit anda, pasti akan berbeda jika dibandingkan anda tidak menggunakan proxy.

Setelah Smartfren kembali normal ya jangan gunakan proxy ini, kembalikan seting proxy browser seperti semula.
teknikit.com

0 comments:

Posting Komentar