Jumat, 30 Maret 2012

Tanya Jawab Seputar Internet Smartfren



  1. Apa yang dimaksud dengan Smartfren Connex?
    Smartfren Connex adalah laanan data berkecepatan tinggi dari Smartfren yang menyediakan ragam pilihan paket layanan data sesuai kebutuhan Anda.

  2. Apa perbedaan layanan data Smartfren Connex dengan layanan data lainnya?
    Smartfren Connex menyediakan ragam pilihan paket layanan data mulai dari layanan data unlimited“True Unlimited”, layanan data berkecepatan tinggi yang berdasarkan volume pemakaian “Volume Based” hingga layanan data eksklusif yang menggabungkan keduanya “Postpaid Unlimited”.

    • Layanan Data True Unlimited merupakan layanan data yang benar-benar tanpa batas. Anda tidak perlu memusingkan lagi berapa banyak volume yang telah Anda gunakan dan dapat menikmati kebebasan menggunakan layanan kami sesuai masa berlaku yang Anda pilih.
    • Layanan Data Volume Based merupakan layanan data yang menawarkan kecepatan tinggi sebagai keunggulannya. Bagi Anda yang tidak dapat menunggu untuk mengakses halaman web ataupun mendownload data dari internet, inilah paket untuk Anda!
    • Layanan Data Postpaid Unlimited merupakan layanan data eksklusif bagi Anda yang menggabungkan antara unliimited dan juga kecepatan tinggi. Anda dapat menikmati kebebasan menggunakan layanan kami dalam kecepatan tinggi!

  3. Apa yang harus saya lakukan agar dapat menikmati Smartfren Connex?
    Anda cukup mengaktifkan kartu perdana dari Smartfren atau menggunakan kartu Smartfren, Smart dan Fren yang telah Anda miliki dan silahkan melakukan pembelian paket layanan data pilihan dengan menekan *123*3 diikuti kode paket lalu OK/Call atau dengan sms kode paket ke 123 atau yang paling mudah adalah dengan mengakses data.smartfren.com. Untuk pelanggan pascabayar cukup datang ke gallery Smartfren terdekat.

  4. Paket apa saja yang dapat dinikmati oleh pelanggan prabayar dan pelanggan pascabayar?
    • Pelanggan prabayar dapat menikmati paket unlimited “True Unlimited” dan paket berkecepatan tinggi berbasis volume pemakaian “Volume Based”.
    • Pelanggan pascabayar dapat menikmati paket eksklusif yang menggabungkan unlimited dan kecepatan tinggi “Postpaid Unlimited”

  5. Apa yang dapat saya lakukan jika volume pada paket “Volume Based” saya telah habis sebelum masa berlakunya selesai?
    Anda dapat melakukan pemberhentian paket layanan data dengan mengirim SMS Connex off ke 123 lalu melakukan pembelian kembali paket Smartfren Connex lainnya sesuai pilihan Anda. Anda dapat mengetahui info layanan data paket Volume Based yang Anda miliki dengan menekan *995 lalu OK/Call (pastikan koneksi internet Anda tidak tersembung/diconnect untuk memastikan keakuratan info)

  6. Apakah saya masih dapat mengakses internet ketika volume atau masa berlaku paket Smartfren Connex saya habis?
    Anda masih dapat mengakses internet ketika volume atau masa berlaku paket Smartfren Connex Anda telah habis. Anda akan dikenakan tarif regular sesuai tarif dasar layanan data. Keterangan lebih lengkap mengenai tarif dasar layanan data dapat Anda lihat di www.smartfren.com atau hubungi customer service.

    Khusus pelanggan paket bundling data Smart dan Smart regular, Anda akan mendapatkan bonus layanan data sebesar 500 MB dengan kecepatan download up to 3.1 Mbps dan upload up to 1.8 Mbps yang berlaku selama 7 hari. Bonus layanan data ini tidak berlaku untuk kelipatan. Setelah bonus habis, maka akan berlaku tarif regular sesuai tarif dasar layanan data. Bonus isi ulang 50.000 berakhir pada 31 Desember 2011

  7. Apakah yang dimaksud dengan FUP (Fair Usage Policy) harian?
    Berbeda dengan layanan data lainnya yang menerapkan FUP bulanan, Smartfren Connex menerapkan FUP harian yang menjamin kenyamanan Anda.

    Fair Usage Policy adalah penyesuaian kecepatan akses yang dilakukan apabila pelanggan telah melewati batas volume tertentu dengan tujuan untuk menjamin kesetaraan kualitas layanan akses data bagi semua pelanggan Smartfren.

    FUP harian artinya kecepatan pelanggan yang telah terkena FUP akan dikembalikan pada keesokan harinya pada pukul 03.00 WIB.

  8. Apakah layanan data saya otomatis diperpanjang jika layanan data saya sudah habis ?
    Layanan data Smartfren Connex yang memiliki fitur perpanjangan otomatis (Autorenewal) adalah layanan data Postpaid Unlimited dan layanan data True Unlimited Premium Bulanan. Khusus untuk paket data True Unlimited Premium Bulanan ini akan diperpanjang secara otomatis (Auto Renewal) pada hari ke-29 pukul 23.00, sepanjang Pengguna memiliki pulsa sebesar tarif bulanan paket Smartfren Connex True Unlimited Premium bulanan. Fitur Auto Renewal ini dapat di-nonaktifkan dengan cara menonaktifkan layanan Smartfren Connex, yaitu mengirimkan SMS ke 123 dengan pesan "connex(spasi)off" sebelum berakhirnya masa paket data Premium bulanan.

  9. Mengapa setelah saya melakukuan diskoneksi akses internet saya, volume data saya bertambah?
    "Untuk menjaga kenyamanan dan kelancaran akses data Anda maka sistem kami melakukan proses "pengambilan sementara" volume data dari akun anda yang akan dikonsumsi pada waktu akses data berlangsung. Proses ini berlangsung terus menerus dan berulang selama anda melakukan koneksi akses data. Pada akhir sesi koneksi, apabila terdapat sisa volume dari simpanan sementara tersebut maka sistem akan mengembalikan volume tersebut ke dalam akun anda kembali. Ini yang menyebabkan anda merasa volume anda bertambah setelah melakukan pemutusan koneksi akses data."

  10. Apakah saya dapat menikmati kecepatan download up to 14.7 Mbps/upload up to 5.4 Mbps yang ditawarkan paket Postpaid Unlimited Super Pro?
    Anda dapat menikmati kecepatan yang ditawarkan paket Postpaid Unlimited Super Pro dengan menggunakan perangkat yang mendukung teknologi Rev.B dan berada di daerah yang telah didukung jaringan Rev.B dari Smartfren.
Update:
Artikel ini sudah lama saya posting, tetapi ternyata masih banyak juga yang berkunjung, terlihat dari lalu lintas pada statistik di blog saya.

Menjadi pelanggan Smartfren ini sebenarnya sudah kecewa sejak lama, hanya sekitar 3 bulanan di akhir tahun 2011 an menikmati layanan. Selanjutnya hanya kekecewaan, mulai dari lelet, merampok sisa pulsa serta RTO-nya yang membuat akses tidak stabil. bisa dibuktikan tulisan saya di:
Hati-hati smartfren merambpok pulsa anda
Smarfren jaringan anti lelet super lelet

Coba sayapindah pake esia da flexi, hasilnya setali tidak uang. Ketika sang adik menyarankan pake GSM, saya coba pake huawei Simpati, Mentari dan Tri. Ternyata sangat memuaskan dan sudah berjalan setahun lebih. Dan diantara ketiga provider yang saya anggap paling menguntungkan, adalah Tri (three). Postingan tentang tri dan Mentari, InsyaAllah segera saya publish.

www.eppoh.net

9 comments:

  1. Kami ikut paket bulanan Smartfren volume base 12 GB tapi kuota sdh habis terpakai sebelum masa berlakunya habis...........& kami sdh mengikuti petunjuk untuk CONNEX OFF dulu kemudian balasan sdh ada lalu kami isi pulsa kembali sesuai paket bulanan volume base sebesar Rp.150 rb & jg sdh terjawab pulsa tsb sdh masuk......akan tetapi setiap kami lakukan registrasi ulang kembali paket bulanan volume base 12 GB selalu ada jawaban """""PULSA TIDAK MENCUKUPI & DISURUH ISI ULANG""""bgmn ini khan pulsanya sudah ada Rp.150 rb sesuai paket tsb kok tidak bisa registrasi sih.......tenkyu......

    BalasHapus
  2. Kami tambahkan spy lebih jelas pertanyaan diatas masa berlaku paket tgl 6 Sept 2012.......atau barang X sesudah masa berlaku berakhir baru kami bisa mengikuti registrasi ulang paket layanan data itu spt sebelumnya.......apa begitu maksudnya Smart......????????????? atau jangan2.....pulsa kami Rp.150 rb yg terlanjur masuk jadi hangus....

    BalasHapus
  3. Gan Tomi Firdaus, Saya mengalami hal serupa. saya pun pernah ambil volume base 3.1M yang 6Gb ehhh ternyata kecepatannya hanya 153kb... cukup menyebalkan.

    Namun saya coba bandingkan keluhan saya antara Flexi, Aha/esia dan smartfren - masih unggul sedikit smartfren.

    Provider kita belum ada yang benar-benar profesional antara janji dengan bukti. masih jauh antara hope dan ekspetasinya.

    Waktu saya keluhkan ke web - smartfren.com - ternyata tidak pernah ditanggapi, akhirnya saya telp ke call center - 088 1122 3344 atau ke 888. Alhamdulillah ada tanggapan sekalipun tetep aja begitu...hehehehe.

    Saya anjurkan keluhan agan ke call center 088 1122 3344 sepuas-puasnya dan pastikan bahwa smarfren tidak ngibul hehehehe ok.....

    BalasHapus
  4. jANGAN PERNAH PERCAYA DENAGN JANJI MULUK... bUNTUTNYA CUMA NGERAMPOK UANG ANDA

    BalasHapus
  5. Smartfren ga profesional...payah..ane salah satu pelanggan yg di kecewakan...ane beli andromax u..2 hari pake data internetan gratis bisa..hari ke 3 internetan ga bsa lagi..karna ane mo upgrade..ane isi 50rb..reg paket di tolak..pesan blasan matikan dulu paket BB(bingung)..akhirny ane abaikan..ane trus upgrade tu andro..pas cek pulsa sisa saldo 31rb an..trus ane ke gerai cempk mas..dia blng paket gratis msh ada(msh banyak)trus ane tanya kok pulsa ane yg di sedot..dia diam ja...trus ane pengen paketin 49rb tanpa register tiap bln..dia blng bisa tapi saldo 31rb an yg ada jadi hangus..ane tanya kok bsa...dia blng biaya registrasi(ga kebayang klo saldo pulsa ane 100rb)hangus sia2 dong...trus ane tolak..tapi dia tetep otakatik pc dia..setelah kluar dari gerai..ane coba cek saldo ga bsa..tapi internetan ane lanjutin..upgrade tanggung...bsoknya ane dpt sms sisa saldo 0/paket internetan 0...ampe skg klo ane isi pulsa slalu jadi paket data(ane coba isi pulsa 50rb trus 15menit kemudian 5rb)anehnya semuanya jadi paket data...yg lebih bingung..status unlimited tapi di pake fb,buka youtube,detik.com,internetan...ga sampe 1 minggu da dpt kiriman sms...klo paket data hbs...ampe skg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi pengguna internet dengan modem, kalau masih bisa lebihbaik beralih ke GSM. Saya punya 2 modem smafren, 3 esia, 2 Smartfren
      saya pensiunkan dini, karena jauh lebih besar ruginya ketimbang untung. Terutama bagi penderita darah tinggi jangan gunakan CDMA terutama smartfren - nipunya kelewatan.

      Saya sekarang beralih pake GSM, RTO nyaris tidak ada alias kecepatannya stabil hingga 7 MBps.

      Artikel diataspun mau saya update agar para pengguna tidak kecewa k karena tulisan dia atas.

      Hapus
  6. Gan ane mau nanya..
    Pusat sinyal smartfren kota serang .. Di daerah mana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Gan saya di bandung. coba tanya ke call center - 088 1122 3344 atau ke 888 atau coba googling aja. Cuma kalau dibandung deket
      rumah saya, coma 100meteran ga...heheheh selamat berkonsultasi dengan call center.

      Hapus