Senin, 07 November 2011

DSLAM Telkom dan Jaringan ADSL Telkom Speedy


Jaringan ADSL Telkom Speedy



Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. Biasanya disingkat dengan ADSL. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan Discrete Multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi.Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video.

ADSL berbasis DMT nampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL mempu menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi fiber optics.

ADSL merupakan sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi. Konfigurasi yang umum memungkinkan downstream hingga 1,544 mbps (megabit per detik) dan 128 kbps (kilobit per detik) untuk upstream. Secara teori, ASDL dapat melayani kecepatan hingga 9 mbps untuk downstream dan 540 kbps untuk upstream.

ADSL Adalah sebuah teknologi DSL yang menyalurkan data lebih cepat untuk downstream dari pada upstream. Kecepatan downstream maksimal adalah 8MBps sementara upstream tercepat adalah 640Kbps. Koneksi ADSL baik hingga jarak sekitar 5Km dari STO terdekat melalui kabel telephone tembaga.

Skema Instalasi Teknologi Jaringan ADSL

Skema Instalasi Teknologi Jaringan ADSL


== Cara Penggunaan ADSL ==


Adapun cara-cara penggunaan ADSL di Indonesia, pertama-tama kita terlebih dahulu harus memiliki perangkat ADSL. Seteleh memiliki perangkat ADSL, kita harus memeriksa keberadaan nomor telepon rumah kita di layanan Telkom Speedy, apakah sudah terdaftar atau belum. Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah, seberapa jauh jarak antara gardu Telkom dengan rumah kita. Karena dalam ADSL, jarak sangat berpengaruh pada kecepatan koneksi internet. Setelah memastikan bahwa nomor telepon sudah terdaftar dan jarak sudah diperhitungkan, yang harus kita lakukan selanjutnya adalah pemasangan ADSL pada sambungan telepon.

Untuk menyambungkan antara ADSL dengan ''line'' telepon, kita menggunakan sebuah alat yang disebut sebagai [[Splitter]] atau pembagi line. ''Splitter'' ini berguna untuk menghilangkan gangguan ketika kita menggunakan modem ADSL. Sehingga nantinya kita tetap dapat menggunakan internet dan menjawab telepon secara bersamaan.

Apa Itu DSLAM ?

Gambar 1


Gambar 2


gambar 3


DSLAM Adalah Digital subscriber line access multiplexer, atau sering disingkat menjadi DSLAM adalah sebuah peralatan yang berfungsi menggabungkan dan memisahkan sinyal data dengan saluran telepon yang dipakai untuk mentransmisikan data, peralatan ini terletak di ujung sentral telepon terdekat. Berfungsi juga sebagai multiplexer. Perangkat ini merupakan sebuah syarat dalam pengimplementasian jaringan Digital Subscriber Line (DSL).

Pada perangkat DSLAM biasanya sudah terpasang SPLITTER yang berfungsi memisahkan sinyal suara dan sinyal data, dimana sinyal suara akan menuju perangkat sentral telepon dan sinyal data akan diarahkan menuju BRAS melalui media transmisi yang bisa berbentuk E1, STM-1 (Fiber Optic). Selanjutnya dari BRAS akan diarahkan ke masing-masing ISP yang sudah bekerja sama.

DSLAM Telkom
"Internet muraah, internet cepat... Free modem bagi pendaftar sampai tanggal 31 bulan ini. Buruan daftar" kata salesnya telkom. Ternyata internet murahnya telkom hanya berlaku bagi pelanggan lama dan itupun berlaku cuman rata-rata 3 bulan. habis itu 200 ribu / bulan, mahal amat ! Bagi pelanggan lama ya cabut pasang ajabiar dapat murah.

Oops. Menindak lanjuti postingan setting adsl modem miliknya telkom. Ada beberapa kunci yang wajib diketahui oleh para pemakai / installer. Yaitu VPI dan VCI modem karena setiap daerah mempunyai DSLAM yang berbeda-beda. berikut ini kode VPI dan VCI DSLAM telkom yang bang installer tahu.

A. Jakarta
1. Alcatel-Lucent DSLAM (France)
Encapsulation = PPPoA • VPI = 8 • VCI = 35

2. Huawei Technologies Co Ltd DSLAM (China)
Encapsulation = PPPoE • VPI = 0 • VCI = 35

3. Siemens AktienGesellschaft DSLAM (Germany)
Encapsulation = PPPoA • VPI = 1 • VCI = 33

B. Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi

1. ZTE DSLAM (ZhongXing Telecommunication Equipment Co Ltd)(China)
Encapsulation = PPPoE • VPI = 8 • VCI = 81

2. Huawei Technologies Co Ltd DSLAM (China)
Encapsulation = PPPoE • VPI = 0 • VCI = 35

NOTES
• Jawa Tengah: DSLAM = ZTE
• Bandung: DSLAM = ZTE

source:
adsl-install.webspc-installer

0 comments:

Posting Komentar